Cara Screenshot Windows 8 dan 8.1

Windows 8 dan 8.1 - Anda suka berselancar di internet dengan laptop berkompatibel Windows 8 atau computer dan sering menemukan hal-hal penting, sebaiknya Anda tahu cara screenshot Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10. Terkadang Anda hanya membutuhkan sedikit informasi, jika menyimpan seluruh lama web akan membuang-buang waktu untuk membacanya dari awal, sebaiknya simpan saja dengan screenshot. Bagi Anda yang memiliki hobi menggunakan social media, cara screenshot juga patut Anda pelajari, apalagi ketika Anda sedang kepo atau mengintai sesuatu. Anda bisa menggunakan cara screenshot pada Windows 7 dengan print screen atau snipping. Tapi ada juga beberapa cara yang hanya bisa dilakukan oleh computer dengan Windows 8 atau 8.1. Berikut ini ulasannya.

Cara Screenshot Windows 8 dan 8.1
1. Tombol Windows + Print Screen
Screenshot dengan print screen atau ALT + Print Screen bisa dikatakan kurang praktis karena Anda membutuhkan paste di aplikasi lain yang bisa melakukan editing gambar seperti Ms Paint, Photoshop, Corel Draw dan lain-lain kemudian barulah disimpan. Gunakan tombol Windows + print screen supaya screenshot Anda lebih cepat dan praktis. Temukan tombol yang bergambar Windows pada keyboard kemudian tekan bersamaan tombol print screen. Hasil screenshot dapat langsung tersimpan pada Folder “Screenshot” di Picture pada Library. Tapi cara di atas hanya didukung pada Windows 8 dan 10.

2. cara screenshot Windows 8 dengan Charm Bar
Pada laptop atau komputer dengan processor Windows 8.1 dilengkapi dengan fasilitas special untuk screenshot yaitu menggunakan Share charm melalui Charm Bar. Tapi hasil screenshot nya tidak akan masuk ke hardisk, tapi langsung terbagikan melalui facebook atau social media lainnya dan email. Inilah keistimewaan Windows 8.1. Caranya pun mudah, arahkan kursor pada charm bar kemudian pilih share. Pilih video dan klik screenshot. Selanjutnya hasil screenshot akan Anda bagikan melalui Facebook atau email.

3. Menggunakan aplikasi ketiga
Maksud dari aplikasi ketiga adalah Anda bisa menggunakan aplikasi gratisan atau freeware yang bisa Anda download secara gratis di internet. Salah satu aplikasi pihak ketiga yang popular adalah Greenshot. Pada dasarnya aplikasi ini sama seperti cara screenshot menggunakan print screen. Tapi dengan aplikasi tersebut Anda bisa mengatur kembali settingannya dan aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur tambahan. Adapun fitur tambahan menarik dari Greenshot adalah:

a. Capture region berfungsi untuk capture pada area tertentu.

b. Capture Window yaitu untuk meng-capture pada jendela program saja.

c. Capture Full Screen yaitu untuk screenshot semua tampilan pada layar.

d. Capture Internet Explorer yaitu untuk meng-capture pada halaman web yang diakses melalui internet explore.

e. Image editor yakni menu pada greenshoot untuk memotong (crop), rotate (mengatur rotasi), visual effect, highlight dan lain sebagainya.

f. Save and Export yaitu fitur untuk menyimpan serta mengekspor file ke program lain.

Itulah dua cara screenshot Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10 dengan cara khusus. Meskipun begitu cara print screen masih bisa digunakan, tapi tidak dengan Windows + Print screen.